penghasil uang

Kamis, 12 Maret 2009

Senam Kegel Khusus Perempuan Menopause, Sanggup Jaga Keharmonisan


Mau tidak mau, semua perempuan pasti akan mengalami masa menopause. Siapa pun dia dan seberapa keras usaha penolakannya, momen itu menghampiri juga. Banyak masalah yang biasanya timbul menjelang atau saat hal tersebut datang. 

Salah satu yang paling sering dibicarakan adalah mulai terganggunya aktivitas intim suami istri. Hal tersebut terjadi karena perempuan menopause mengalami sejumlah perubahan yang membuat mereka jadi susah menikmati hubungan pribadi itu.

Untuk mengurangi keluhan tersebut, para perempuan usia jelang menopause atau yang sudah memasuki fase itu bisa berlatih senam kegel khusus. Senam tersebut sangat bagus untuk dilakukan, terutama demi meningkatkan gairah berhubungan intim. "Sebab, senam itu memang melatih otot-otot rahim atau kewanitaan kita," terang Vonny Sari, pelatih body lane dan sex exercise di Mentari Sport Center. 

Menurut Vonny, bertambahnya usia tidak dapat dicegah. Tetapi, penuaan bisa diperlambat. Melalui senam itu, proses memperlambat penuaan dapat dilaksanakan. Sebab, gerakan-gerakan dalam senam tersebut bisa mengencangkan kulit warga evergreen. "Peredaran darah yang lancar membuat wajah makin terlihat segar," terangnya.

Tidak hanya itu, dengan senam kegel khusus perempuan menopause yang dilakukan minimal seminggu dua kali, sex appeal mereka makin terpancar. Kekencangan bagian pantat dan dada juga terjaga. Sebab, banyak gerakan yang fokus pada dua bagian tubuh itu. "Sering dilatih, makanya jadi tetap kencang," ucap ibu tiga anak tersebut. 

Menurut Vonny, untuk mendapatkan hasil maksimal, para perempuan tidak boleh malas berlatih secara rutin. "Senam itu sangat mudah diikuti, sekalipun oleh ibu-ibu yang berada di rumah (tidak di tempat senam, Red)," ujar dia. 

Cukup berbekal matras sebagai alas, para perempuan sudah dapat melakukannya. Tidak dibutuhkan alat lain. Gerakannya terfokus pada otot-otot kewanitaan dan bagaimana menjaga tubuh tetap kencang. "Cantik tidak harus mahal. Dengan senam kegel di rumah, para perempuan menopause bisa mendapatkan itu," paparnya. 

Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan senam tersebut tidak terlalu lama. Untuk melakukan gerakan komplet, mulai pemanasan, inti, hingga pendinginan, hanya dibutuhkan waktu 45 menit. "Yang paling penting, senam khusus perempuan menopause itu dapat membangkitkan gairah untuk tetap berhubungan intim," tegas Vonny. 

Dengan rutin berlatih senam, dijamin para perempuan berusia lanjut tetap bersemangat melakukan aktivitas intim suami istri. Para suami juga begitu. Penampilan istri yang masih menarik membuat mereka tak malas berhubungan. "Keharmonisan rumah tangga juga jadi terjaga," imbuh dia.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, para perempuan menopause harus mengimbangi latihan dengan pola makan dan hidup sehat. Tidak perlu mengonsumsi makanan mahal untuk menjaga kesehatan. Cukup konsumsi makanan bergizi empat sehat lima sempurna. (may/ayi) 

Gerakan Satu 

Gerakan pemanasan ini dapat dilakukan dengan menarik kedua tangan ke atas setinggi mungkin dengan posisi kaki rapat. Setelah itu, kedua tangan ditarik ke samping badan kanan dan kiri hingga otot-otot terasa tertarik. Masing-masing gerakan dilakukan sebanyak satu kali delapan hitungan. 

Gerakan Dua 

Buka kedua kaki selebar bahu, ujung kaki mengarah ke depan. Putar pinggul ke kanan dan kiri. Lakukan sebanyak empat kali delapan hitungan.

Gerakan Tiga 

Release (mengencangkan otot-otot vagina dan rahim serta pantat, kemudian tekan). Tarik kaki kanan ke belakang, kaki kiri ke depan, dengan telapak kaki sebagai tumpuan badan dan kaki kiri agak ditekuk. Tumit diangkat, kedua tangan lurus ke depan, busungkan dada kemudian, release depan belakang. Saat release ke depan buang napas.

Gerakan Empat 

Kedua lutut ditekuk, kaki tertutup rapat. Bawa kedua tangan ke samping dan ayunkan ke belakang hingga dada membusung. Ayunkan kembali kedua tangan ke depan, ikuti dengan gerakan relesae.

Gerakan Lima 

Ambil posisi tidur telentang, tangan tarik ke atas kepala dan kedua kaki ditekuk. Angkat pinggul sambil release/contraction serta ayun-atuk kecil. Lakukan satu kali delapan hitungan. 

Gerakan Enam 

Posisi tetap tidur dan kedua lutut ditekuk, angkat kaki kanan setinggi lutut yang ditekuk sambil ayun-ayun kecil. Fungsinya, supaya tulang sendi padat. Lakukan sebanyak satu kali delapan hitungan. 

Gerakan Tujuh 

Posisi tetap tidur, kaki lurus, angkat kedua tangan yang mengepal sambil ditekuk ke atas dada sambil release. Gerakan ini berfungsi mengencangkan otot-otot dada sekaligus otot rahim. Untuk mendapat hasil maksimal, lakukan dua kali delapan hitungan. 

Gerakan Delapan 

Posisi tidur. Tekuk lutut kaki, angkat tangan ke atas kepala, tarik ke depan dengan mengepal. Tarik punggung untuk mengencangkan otot perut. Dapat dilakukan sebanyak satu kali delapan hitungan. 

Gerakan Sembilan 

Ambil posisi duduk, kedua kaki dibuka lebar, angkat tangan kanan dan kiri secara bergantian ke samping, tarik semaksimal mungkin. Fungsinya, melatih otot punggung dan membakar lemak di bawah ketiak. Gerakan dapat dilakukan dua kali delapan hitungan.

Gerakan Sepuluh 

Untuk gerakan pendinginan, tekuk kedua kaki lalu, tempelkan ke dada, kemudian luruskan. Lakukan sebanyak dua kali delapan hitungan.



Tidak ada komentar: